RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH :
MATA
PELAJARAN :
KIMIA
KELAS/SEMESTER : XI/1
ALOKASI
WAKTU : 6 x 45 menit ( 2 x 45 menit untuk ulangan
harian)
A. STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami struktur atom
untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat
senyawa.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan
diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
C.
INDIKATOR
1.
Menjelaskan teori atom
Bohr dan kelemahannya.
2.
Menjelaskan teori atom mekanika kuantum.
3.
Menjelaskan
bilangan kuantum dan orbital.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menggambarkan struktur atom Bohr.
2.
Siswa dapat menjelaskan postulat yang mendasari teori atom Bohr.
3.
Siswa dapat menjelaskan kelemahan teori atom Bohr.
4.
Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar yang mendasari teori atom
mekanika kuantum.
5.
Siswa dapat menjelaskan teori Schrodinger dan orbital atom.
6.
Siswa dapat menjelaskan
hubungan kulit, subkulit, jumlah orbital dan jumlah elektron maksimum.
7.
Siswa dapat menjelaskan
4 macam bilangan kuantum.
8.
Siswa dapat menjelaskan jenis orbital..
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
- Teori atom Niels Bohr.
- Teori mekanika kuantum.
- Bilangan kuantum.
- Orbital.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Diskusi (Jig Saw)
3. Tanya
jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
- KEGIATAN AWAL
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
1’
|
Guru membuka pelajaran
|
-
|
5’
|
Guru mengabsen siswa
|
|
7’
|
Guru memberi gambaran materi
pembelajaran dan membantu siswa mengingat materi teori atom kelas X
|
Ceramah
|
7’
|
Guru membagi kelompok diskusi,
masing-masing kelompok terdiri dari 3 siswa.
|
-
|
2’
|
Guru menjelaskan sistematika
diskusi
|
-
|
- KEGIATAN INTI
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
20’
|
Siswa melakukan diskusi tim ahli,
tim ahli diambil dari masing-masing kelompok.
|
Diskusi Jigsaw
|
15’
|
Siswa pada tim ahli masing-masing
menyampaikan hasil diskusi.
|
Diskusi Jigsaw
|
10’
|
Tanya jawab antara siswa dan guru
|
Tanya jawab
|
- KEGIATAN AKHIR
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
5’
|
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
|
Diskusi kelas
|
2’
|
Guru melengkapi kesimpulan siswa
|
-
|
10’
|
Guru memberikan kuis
|
-
|
5’
|
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
|
-
|
1’
|
Guru menutup pelajaran
|
-
|
H.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
· Sumber
· Buku
Kimia untuk SMA 2 kelas XI
· Sistem
Periodik Unsur
I.
PENILAIAN
PENILAIAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
MODEL
|
Kuis
|
Soal
|
Individu
|
Penilaian afektif
|
Kolom penilaian
|
Individu
|
v Penilaian
afektif
Perilaku
|
Nilai
|
Keaktifan
dalam kelompok Ahli
|
(Huruf
A-C)
|
Keaktifan
dalam kelompok
|
(Huruf
A-C)
|
Mengetahui,
Guru Kimia Kepala
Sekolah
![]() |
![]() |
NIP. NIP.
v Pembagian Materi
Diskusi Jigsaw
Tim Ahli I
1. Prinsip dasar munculnya teori mekanika kuantum
2. Menjelaskan teori Schrodinger dan orbital atom.
Tim
Ahli II
1.
Menjelaskan 4
macam bilangan kuantum.
Tim
Ahli III
1.
Menjelaskan
jenis-jenis orbital.
SOAL
KUIS I
1.
Jelaskan tentang
teori atom mekanika kuantum !
2.
Jelaskan tentang
bilangan kuantum
3.
Jelaskan tentang
orbital !
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH :
MATA
PELAJARAN :
KIMIA
KELAS/SEMESTER : XI/1
ALOKASI
WAKTU : 6 x 45 menit ( 2 x 45 menit untuk ulangan
harian)
A. STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami struktur atom
untuk meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat-sifat
senyawa.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan
diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
C.
INDIKATOR
1. menuliskan
konfigurasi elektron berdasarkan
Prinsip Aufbau.
2. menuliskan
diagram orbital berdasarkan
Larangan Pauli dan Aturan Hund.
3. Menentukan
letak unsur dalam Sistem Periodik Unsur berdasarkan konfigurasi elektron.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menerapkan Prinsip Aufbau untuk menuliskan konfigurasi elektron.
2.
Siswa dapat menentukan
bilangan kuantum utama (n), bilangan
kuantum azimuth (l), bilangan kuantum
magnetik (m), dan bilangan kuantum
spin (s) dari konfigurasi elektron.
3.
Siswa dapat menuliskan
konfigurasi elektron suatu unsur secara singkat.
4.
Siswa dapat menuliskan
konfigurasi ion dari atom yang menjadi ion.
5.
Siswa dapat menjelaskan
beberapa penyimpangan dari aturan umum pada penulisan konfigurasi elektron.
6.
Siswa dapat menerapkan Larangan Pauli dan Aturan Hund untuk menuliskan diagram orbital.
7.
Siswa dapat menentukan
letak unsur dalam Sistem Periodik Unsur berdasarkan konfigurasi elektron.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Konfigurasi
elektron (Prinsip Aufbau, Larangan Pauli, dan Aturan Hund)
2. Sistem
periodik Unsur (SPU)
F.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Diskusi kelompok
3. Tanya
jawab
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
KEGIATAN
AWAL
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
1’
|
Guru membuka pelajaran
|
-
|
6’
|
Guru membahas materi sebelumnya
|
Ceramah
|
2’
|
Guru menjelaskan sistematika
diskusi
|
-
|
2.
KEGIATAN
INTI
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
30’
|
Siswa melakukan diskusi kelompok
|
Diskusi kelompok
|
10’
|
Guru dan siswa melakukan tanya
jawab
|
Tanya Jawab
|
15’
|
Siswa mengerjakan latihan soal
|
Diskusi
|
10’
|
Guru dan siswa membahas latihan
soal
|
-
|
3.
KEGIATAN
AKHIR
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE
|
5’
|
Siswa menyimpulkan hasil diskusi
dan dilengkapi oleh guru
|
-
|
10’
|
Siswa mengerjakan kuis
|
-
|
1’
|
Guru menutup pelajaran
|
-
|
J.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
· Sumber
· Buku
Kimia untuk SMA 2 kelas XI
· Sistem
Periodik Unsur
- Bahan
· Lembar kerja siswa
K.
PENILAIAN
PENILAIAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
MODEL
|
Diskusi Kelompok
|
Lembar
Kerja siswa
|
Kelompok
|
Kuis
|
Soal
|
Individu
|
Penilaian afektif
|
Kolom penilaian
|
Individu
|
Penilaian
afektif
Perilaku
|
Nilai
|
Keaktifan
dalam kelompok Ahli
|
(Huruf
A-C)
|
Keaktifan
dalam kelompok
|
(Huruf
A-C)
|
Mengetahui,
Guru Kimia Kepala
Sekolah
![]() |
![]() |
NIP. NIP.
.
Lembar Kerja Siswa
KONFIGURASI
ELEKTRON
Konfigurasi elektron
menggambarkan lokasi semua elektron menurut orbital-orbital yang ditempatinya.
Dalam menuliskannya, harus memenuhi :
Prinsip
Aufbau
“Elektron
akan mengisi orbital atom yang tingkat energi relatifnya lebih rendah dahulu,
kemudian mengisi orbital atom yang tingkat energinya lebih tinggi”
Dalam menggambarkan
diagram orbital, harus memenuhi:
1.
Larangan
Pauli
· Dalam
satu atom tidak boleh terdapat 2 elektron dengan keempat bilangan kuantum yang
sama.
· Setiap
orbital dapat diisi oleh maksimum 2 elektron dengan arah putaran elektron
(spin) yang berlawanan.
· 2
buah elektron dapat memiliki n, l, m yang sama, tetapi s tidak mungkin sama,
sebab arah putaran yang berlawanan.
2.
Aturan
Hund
“Pada pengisian
orbital-orbital yang setingkat, elektron-elektron tidak membentuk pasangan
lebih dahulu sebelum masing-masing orbital setingkat terisi sebuah elektron
dengan spin yang sama”
Latihan
- Suatu atom memiliki massa atom 39 dan memilki 20 neutron dalam intinya, maka konfigurasi elektron tersebut adalah
|
2.
Diketahui suatu unsur 17X35
dan 25Y55
Tentukan
: a. Konfigurasi elektron
b.
Diagram orbital
c.
Jumlah elektron berpasangan
d.
Jumlah elektron tidak berpasangan
d.
Bilangan kuantum n, l, m, dan s elekron terakhir
|
Penulisan
Singkat Konfigurasi Elektron
v Konfigurasi
elektron gas mulia digunakan untuk menyingkat penulisan konfigurasi elektron.
v Untuk
menuliskan konfigurasi elektron unsur-unsur yang memiliki nomor atom besar.
v Untuk
memberi kemudahan dalam menentukan elektron valensi dan diagram orbital suatu
atom.
Latihan
3. Tuliskan konfigurasi elektron singkat dari 13Al,
21Sc, 37Rb serta tentukan keempat bilangan kuantum
elektron terakhirnya!
|
Konfigurasi Ion
“Elektron
dapat terlepas dari suatu atom netral karena adanya pengaruh energi dari luar,
sehingga atom berubah menjadi ion”
v Energi
yang dibutuhkan agar elektron terlepas dari atom disebut energi ionisasi
Latihan
4.
Tuliskan konfigurasi
ion dari 11Na+, 29Cu2+, 35Br– serta
bandingkan dengan konfigurasinya saat keadaan netral!
|
Penyimpangan
Penulisan Konfigurasi Elektron.
Penyimpangan
terjadi karena perbedaan tingkat energi yang mengalami peristiwa eksitasi,
yaitu elektron berpindah kedudukan ke tingkat energi yang lebih tinggi.
Latihan
5.
Berikan 3 contoh unsur
yang mengalami penyimpangan konfigurasi elektron beserta konfigurasi
elektronnya
|
SISTEM PERIODIK UNSUR
Dalam
sistem periodik, unsur-unsur dikelompokkan dalam :
1. Periode,
menyatakan banyaknya bilangan kuantum
utama (kulit elektron) yang dimiliki oleh suatu unsur.
2. Golongan,
menyatakan pengisian elektron terakhir
pada suatu orbital.
3. Blok,
menyatakan subkulit terakhir.
Latihan
- Diketahui suatu unsur 7X14 dan 11Y23
Tentukan : a. Konfigurasi elektron
b. Diagram orbital
c. Bilangan kuantum n, l, m, dan s elektron
terakhir
d. Letak unsur dalam SPU
|
7.
Diketahui bilangan
kuantum elektron n = 3, l = 2, m = -1, s
= +1/2
Tentukan : a. Konfigurasi elektron
b. Nomor atom
c. Letak dalam SPU
|
NAMA
|
SKOR TOTAL
|
NILAI
|
PARAF
|
|
|
|
|
SOAL
KUIS II
- Suatu atom memiliki massa atom 39 dan memilki 20 neutron dalam intinya, maka konfigurasi elektron tersebut adalah....
- Kulit M terdiri atas.....subkulit, .....orbital, dan maksimum menampung.....elektron.
- Gambarkan bentuk orbital s !
- Atom 3Li7 memiliki bilangan kuantum n..., l...., m...., s....
- Gambarkan diagram elektron soal no 4.
Atom
X memiliki 24 elektron
- Tentukan konfigurasi elektron...
- Gambarkan diagram orbital...
- Jumlah elektron yang berpasangan...
- Jumlah elektron tunggal....
- Letak unsur dalam SPU...
Tim Ahli
I
1. Gambar struktur atom menurut teori Bohr
2. Postulat atom Bohr
3. Kelemahan teori atom Bohr
Tim Ahli II
3. Prinsip dasar munculnya teori mekanika kuantum
4. Menjelaskan teori Schrodinger dan orbital atom.
5.
Menjelaskan hubungan kulit, subkulit, jumlah
orbital dan jumlah elektron maksimum.
Tim Ahli
III
2. Menjelaskan 4 macam bilangan kuantum.
3. Menjelaskan jenis-jenis orbital.
KUIS I
4. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
5. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
6. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
KUIS I
1. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
2. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
3. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
KUIS I
1. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
2. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
3. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
KUIS I
1. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
2. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
3. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
KUIS I
1. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
2. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
3. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
KUIS I
1. Jelaskan tentang teori atom Bohr beserta kelemahannya !
2. Jelaskan tentang teori atom mekanika kuantum !
3. Jelaskan tentang bilangan kuantum dan orbital !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar